Sentra Medika Hospital Minahasa Utara Membuka Era Baru dengan BESS untuk Penyakit Tulang Belakang

Dr. Tommy Suharso dan Tim dalam melakukan Operasi BESS di Sentra Medika Hospital Minahasa Utara. (dok. Sentra Medika Hospital Minahasa Utara)

Bisnismanado.com, Minut – Sentra Medika Hospital Minahasa Utara merayakan tonggak sejarah baru dengan peluncuran Biportal Endoscopic Spine Surgery (BESS), tindakan pertama di Provinsi Sulawesi Utara.

Pada 5 Februari 2024, Spesialis Ortopedi Konsultan Tulang Belakang, dr. Tommy Suharso, memimpin tindakan tersebut.

Bacaan Lainnya

BESS merupakan teknik operasi minimal invasif yang menggunakan endoskopi untuk menangani keluhan masalah tulang belakang. Dr. Tommy Suharso menjelaskan bahwa tindakan pertama berhasil mengatasi jepitan saraf pada seorang wanita dengan hasil optimal.

Dalam video prosedur, dr. Tommy Suharso membuat dua sayatan kecil sekitar 0,5 cm dan menggunakan kamera khusus untuk memperoleh visualisasi optimal. Keunggulan inovatif BESS mencakup presisi tinggi, proses pemulihan efisien, dan pasien dapat pulang dalam satu sampai dua hari.

Tindakan BESS dapat diaplikasikan untuk keluhan seperti nyeri punggung, nyeri menjalar ke kaki, sensasi kesemutan, dan gangguan fungsi seperti berkemih dan buang air besar. Metode ini menjadi pilihan terbaik bagi keluhan yang tidak merespon baik terhadap obat dan fisioterapi.

Sentra Medika Hospital Minahasa Utara mengundang masyarakat untuk menyaksikan bagaimana BESS membawa standar baru dalam perawatan tulang belakang melalui saluran resmi Youtube dan Instagram mereka, membuka era baru dalam pelayanan kesehatan Sulawesi Utara. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *