Karya Bakti Terpadu, Kodam XIII/Merdeka Peduli Mangrove dan Sesama

BisnisManado.com, Manado – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko , S.I.P., M.M., memimpin langsung kegiatan Karya Bakti terpadu Penanaman Mangrove, Pembersihan Pantai dan Bakti Sosial Kodam XIII/Merdeka, bertempat di Desa Arakan, Kab. Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Jumat (26/1/2024).

Presiden RI Joko Widodo telah mengintruksikan penanaman Mangrove secara massive sebagai bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup serta percepatan rehabilitasi hutan dan lahan.

Bacaan Lainnya

Bapak Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga telah menindaklanjuti dengan perintah untuk melaksanakan kegiatan penghijauan berupa penananman pohon oleh satuan-satuan TNI AD. 

Pangdam XIII/Merdeka dalam Sambutannya menyampaikan bahwa hutan Mangrove sangatlah penting bagi lingkungan, khususnya ekosistem pantai, antara lain untuk menjaga abrasi (pengikisan daratan) di pesisir pantai dan intrusi (perembesan) air laut ke tanah daratan, sebagai penyangga dan penyaring alami limbah organik dan sumber makanan bagi ikan dan satwa lainnya.

Megahmark

“Mengingat besarnya manfaat dari kegiatan ini, maka saya minta kepada para Prajurit TNI dan masyarakat serta seluruh pihak yang terkait, agar melaksanakan perannya masing-masing secara optimal dan bertanggung jawab,” imbuh Mayjen TNI Legowo.

“Jika dikelola secara profesional, hutan mangrove juga dapat dijadikan tempat wisata dan media pembelajaran, pendidikan serta penelitian,” tutup Legowo.

Kegiatan yang dikemas dalam tagline “Kodam XIII/Merdeka Peduli Mangrove” ini mencakup tiga sasaran, yakni pembersihan pesisir pantai di sepanjang Desa Arakan, penanaman pohon bakau (Mangrove) yang ditargetkan 5.000 pohon yang merupakan bantuan dari Balai Taman Nasional Bunaken dan Bakti Sosial berupa pemberian bantuan paket sembako dan paket gizi stunting, serta pengobatan gratis.

Perlu diketahui juga bahwa daerah pesisir pantai di sepanjang Desa Arakan adalah bagian dari zona Taman Nasional Bunaken.

Turut hadir pada acara tersebut, PJU Kodam XIII/Merdeka, PJU Korem 131/Santiago, Bupati Minahasa Selatan bapak Franky Donny Wongkar, S.H., beserta Forkopimda, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Nicolas Loli, S.P., M.Si., Para Dansat Kodam XIII/Merdeka dan Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny Nonny Legowo beserta pengurus. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *