Politeknik Pariwisata Bali PKM di Kota Tomohon

Politeknik Pariwisata Bali menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kota Tomohon (5– 6 Desember 2023) (foto: istimewa)

BisnisManado.com, Manado – Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Manado Politeknik Pariwisata Bali menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kota Tomohon. Kegiatan digelar dua hari, 5– 6 Desember 2023 di kota Tomohon.

Sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Manado ikut ambil bagian dalam memberikan kontribusi khususnya kepada masyarakat di bidang pengelolaan acara (iven).

Bacaan Lainnya

Kota Tomohon sebagai salah satu kota yang telah berkembang di Sulut, menjadi salah satu tujuan destinasi pariwisata khususnya pada penyelenggaraan acara (iven). Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya event internasional yang telah menjadi agenda tahunan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yakni Festival Bunga Internatisional Tomohon atau Tomohon International Flower Festival (TIFF). Selain agenda utama, pada TIFF juga dilaksanakan side events di obyek-obyek wisata di Kota Tomohon.

Megahmark

Politeknik Pariwisata Bali menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kota Tomohon (5– 6 Desember 2023) (foto: istimewa)

PSDKU Manado yang berkonsentrasi pada Program Studi Pengelolaan Konvensi dan Acara (PKA) memberikan solusi alternative pada peningkatan kualitas side iven pada TIFF melalui PKM di Kota Tomohon.

Kegiatan PKM dibuka secara resmi oleh Direktur Politeknik Pariwisata Bali yang diwakili oleh Ketua Jurusan Kepariwisataan yakni I Nengah Wirata, SE., M.Par. Menurut I Nengah, kegiatan ini merupakan upaya positif dari lembaga atau institutsi pendidikan dalam memberikan wawasan dan pengetahuan pada peningkatan mutu pelayanan event di Kota Tomohon.

Selain itu, menurut Ketua Panitia , I Gusti Agung Febrianto, S.Par., M.Par., adapun tujuan dari PKM di Kota Tomohon adalah untuk dapat memberikan pemahaman dan masukan mengenai kreasi dekorasi bunga pada TIFF, meningkatkan pemahaman terkait iven festival serta perencanaan iven secara mandiri termasuk pelatihan terkait etiket protokoler dalam iven dan konsep hygiene dan sanitasi dalam iven.

Megahmark

Politeknik Pariwisata Bali menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kota Tomohon (5– 6 Desember 2023) (foto: istimewa)

Adapun bentuk kegiatan PKM adalah pelatihan pengelolaan iven, kreasi dekorasi bunga, etiket dan protokoler dalam pelaksanaan iven MICE, perencanaan side event dalam event MICE dan hygiene dan sanitasi dalam iven.

Sejumlah 30 peserta hadir dalam kegiatan PKM selama dua hari. Adapun peserta berasal dari beragam latar belakang meliputi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Pemuda dan pemudi pengelola iven, serta mahasiswa perguruan tinggi di Kota Tomohon.

Hadir sebagai narasumber Judhistira Siwu, SE., M.Si serta dosen-dosen dari Politeknik Pariwisata Bali. Diharapkan kegiatan PKM dapat memberikan pengetahuan dan wawasan terkait iven kepada peserta sehingga dapat meningkatan kualitas iven baik berskala nasional maupun internasional di Kota Tomohon. (rls/bim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *