BRI Kanca Manado Beri Pelatihan UMKM

BRI Kanca Manado Beri pelatihan terhadap UMKM di Rumah UMKM Manado (ist)

BisnisManado.com, Manado – BUMN yang memiliki peran sebagai agent of development, terus berupaya mendukung pengembangan UMKM melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi atau lembaga lainnya.

Dalam berbagai kesempatan, pemerintah melaui BUMN selalu berusaha menjembatani bahkan menggandeng para UMKM baik dalam pemberian modal usaha maupun pendampingan usaha seperti pelatihan dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Upaya ini diharapkan terus menjadi pendukung UMKM sehingga dapat memberi dampak positif dalam pengembangan usaha seperti yang dilakukan BRI Kanca Manado Sarapung pada Kamis, 23 Februari 2023.

BRI memberikan support dalam Pelatihan bertempat di Pusat Kuliner dan Kriya Manado di Gedung Rumah BUMN Manado jalan Lumimuut Ruko 12C Tikala Kumaraka Manado

Pelatihan yang berjudul Cara Cerdas Meningkatkan Kualitas Produk UMKM dibawakan oleh Mila Amelia founder Dapur Aisyah.

Dalam pembahasan materinya Mila menjelaskan bahwa sebelum mencari tahu cara meningkatkan kualitas produk, yang harus pertama diketahui adalah bagaimana cara produk kita dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat umum.
”Inovasi disini sangat diperlukan untuk membuat produk dikenal dan diterima oleh masyarakat umum”, Katanya.

Mayoritas usaha sekarang menurut Mila adalah usaha di bidang kuliner. Berinovasi di bidang kuliner value produk yang kita pasarkan harus diperhatikan dengan serius.

Mulai dari rasa/ flavour, bahan baku, kemasan dan ditambah dengan sesuatu yang ingin kita sampaikan dalam produk tersebut seperti nilai budaya atau yang lain.
“Selanjutnya untuk meningkatkan produk yang akan kita pasarkan tidak kalah pentingnya untuk konsisten terhadap apa yang sedang kita buat, tidak muda berputus asa dan selalu melibatkan Tuhan dalam segala hal yang kita buat”, Jelasnya.

Ketika Produk sudah dikenal lanjutnya, kita sudah berinovasi dan konsisten, Namun tidak memiliki izin usaha atau surat-surat terkait usaha kita, ini akan membuat produk kita dikenal sampai kemanca negara.

Lebih jauh Mila juga menjelaskan tentang pentingnya mendukung usaha dengan mengurus surat-surat izin seperti NIB, BPOM/PIRT, Sertifikat Halal, dan HAKI.

Tahapan Penjualan atau Pemasaran adalah hal yang perlu diperhatikan.

Saat ini maraknya Market Place dan sistem penjualan online via Sosmed bisa menjadi pertimbangan selanjutnya.

‘’Jaman sekarang eranya digitalisasi. Ini membuat banyak pelaku usaha melirik dan menggunakan smartphone dalam memasarkan produk. Bisa di market place berbayar maupun tidak berbayar dengan menggunakan sosmed seperti instragram, facebook, google bisnis, komunitas grup WA, dan juga handcarry untuk keluar negeri”, Ungkap Mila.

Diakhir materinya Mina menitipkan kata bijak. “Tuhan akan menitipkan kekuatan terbesar kepada diri kita, disetiap rasa malas yang mampu kita tundukkan” tutupnya. Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah UMKM di Kota Manado ini rutin dilakukan di Rumah UMKM oleh beberapa BUMN termasuk BRI Kanca Manado Sarapung. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *