Wow Jepang Miliki Koneksi Internet Tercepat di Dunia, Kirim Informasi Gunakan Cahaya

Ilustrasi koneksi tercepat di dunia (ist/internet)

BisnisManado.com- Perkembangan dunia saat ini tidak terlepas dari peran teknologi indiustri yang semakin maju. Munculnya teknologi-teknologi baru merupakan penyempurnaan dari teknologi sebelumnya.

Ini semua diharapkan dapat lebih memudahkan manusia dalam bekerja dan melakukan aktifitas di masa depan.

Bacaan Lainnya

Bicara teknologi, jepang salah satu negara yang sangat diperhitungkan di dunia. Negara Kepulauan yang terletak di Benua Asia bagian Timur (Asia Timur) ini sekarang menempati urutan ke tiga sebagai Negara dengan Ekonomi terbesar setelah Amerika Serikat dan China (Tiongkok). Negara ini terus mengembangkan teknologinya. Bahkan saat ini negara yang dijuluki matahari terbit ini kini memiliki internet berkecepatan paling tinggi di dunia .

Ini dibuktikan setelah Jepang dikabarkan berhasil memecahkan rekor internet berkecepatan tinggi di dunia baru-baru ini.
Kecepatan internet di Jepang hampir dua kali lipat rekor sebelumnya, yakni 319 Tb/s (terabit per second).

Dikutip dari Tom’sHardware, tim peneliti National Institute Information & Communication Technology (NICCT) di Jepang berhasil memecahkan rekor internet berkecepatan tinggi di dunia.

Kecepatan internet yang berhasil mereka raih hampir dua kali lipat rekor sebelumnya yang dicetak oleh Inggris tahun 2020 lalu.

Apabila Inggris sebelumnya memecahkan rekor dengan kecepatan internet 178 Tb/s, Jepang hampir dua kali lipatnya, yakni 318 Tb/s. Anda dapat membanyangkan, apa yang bakal Anda lakukan dengan kecepatan internet seperti itu?

Streaming film dengan resolusi tinggi tanpa buffering, main game online tak perlu khawatir, atau bahkan download data dengan ukuran ratusan GB hanya membutuhkan waktu sekejap.

Ilmuwan NICT menggunakan kabel optical fiber, tabung kecil yang meneruskan informasi menggunakan cahaya, yang diperlukan untuk mencapai rekor tersebut. Tentu saja untuk memecahkan rekor ini membutuhkan infrastruktur yang jauh lebih kompleks.

Tim yang bertugas dalam penelitian tersebut menggunakan beberapa add-ons yang hanya familiar bagi insinyur yang sangat terampil dan mengenyam pendidikan kaitannya dengan laser.

Dengan kabel sepanjang 3.001 Km, hampir tidak ada penurunan kecepatan. Umumnya kecepatan internet akan turun apabila panjang kabel mencapai kira-kira 1.865 mil, seperti yang dikutip dari PCMag.

Dengan beberapa modifikasi, sekelompok ilmuwan tersebut menggunakan 4-core optical fiber 552 PDM-16QAM, saluran multipleks pembagian panjang gelombang.

Selain itu, para ilmuwan tersebut juga menggunakan transmisi S, C, dan L band untuk pertama kalinya. Biasanya pita C dan L digunakan untuk transmisi jarak jauh, tetapi kali ini pita S juga digunakan.

Kabar baiknya, 4-core optical fiber ini bisa bekerja dengan peralatan yang sudah ada, sehingga membuatnya lebih mudah dan murah ketika digunakan.

Meskipun rekor telah dipecahkan, tim di NICT belum selesai.
Mereka percaya bisa menembus kecepatan lebih tinggi lagi dan peningkatan lebih lanjut untuk kapasitas transmisi yang tersedia.

Selain itu, mereka juga ada pekerjaan yang dilakukan untuk memperluas jangkauan transmisi ke jarak trans-samudera.

Kebayangkan, bagaimana kecepatan internet dengan kecepatan tinggi di masa depan?
.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *