Melonjak : Bandara Sam Ratulangi Manado Catat Peningkatan 133 Persen Penumpang Internasional

Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (dok. PT Angkasa Pura I)

BisnisManado.com, Manado – Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, mencatat lonjakan signifikan dalam pergerakan penumpang internasional, mencapai 133 persen dalam dua bulan pertama tahun 2024.

Menurut data yang dirilis, sebanyak 262.482 penumpang telah menggunakan bandara tersebut hingga Februari 2024, sementara jumlah penerbangan mencapai 2.708.

Bacaan Lainnya

Maya Damayanti, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Samrat, mengungkapkan bahwa lonjakan ini menandai kenaikan 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Penumpang internasional menunjukkan peningkatan yang lebih besar, mencapai 138 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan penumpang dari Tiongkok menjadi mayoritas, mencapai 69,42 persen dari total penumpang internasional.

Megahmark

Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (dok. PT Angkasa Pura I)

Meskipun terjadi peningkatan yang signifikan, bandara ini masih menghadapi tantangan dalam pemulihan pasca pandemi, dengan jumlah penumpang internasional masih menunjukkan defisit sekitar 29 persen dibandingkan dengan tahun 2019 sebelum pandemi COVID-19 melanda. Secara keseluruhan, pergerakan penumpang domestik dan internasional masih mengalami penurunan sebesar 21 persen dibandingkan dengan tahun 2019.

Maya juga menyoroti pentingnya dukungan dari pemerintah daerah dan pusat dalam pembukaan rute-rute baru di Sulawesi Utara, yang diharapkan akan membantu mempercepat pemulihan sektor pariwisata. Kunjungan inspeksi dari Regional Manager Korea untuk Indonesia, Tae Seok Lee, ke Bandara Sam Ratulangi pada tanggal 27 Februari menandai komitmen untuk memperkuat infrastruktur dan layanan bandara.

Dalam upaya untuk meningkatkan konektivitas, rencana pembukaan rute-rute baru seperti Manado-Sorong, Manado-Ambon, dan penerbangan langsung Manado-Denpasar diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Sulawesi Utara. Dengan berbagai upaya ini, Bandara Sam Ratulangi siap menghadapi lonjakan penumpang dan menjadi pintu gerbang utama bagi wisatawan yang akan menjelajahi keindahan Sulawesi Utara. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *