Cap Go Meh di Bitung: Keberagaman dan Kerukunan Dirayakan di Klenteng Seng Bo Kiong Bitung

Cap Go Meh di Bitung: Keberagaman dan Kerukunan Dirayakan di Klenteng Seng Bo Kiong Bitung (ist)

BisnisManado.com, Bitung – Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM dan Wakil Wali kota Hengky Honandar SE, melepas arak-arakkan Ritual Suci Goan Siau atau Cap Go Meh di Klenteng Seng Bo Kiong Bitung Sulut, Sabtu (24/2/2024).

Didampingi Hengky didampingi Sekretaris 1 TP PKK Bitung, Ellen Honandar Sondakh, keduanya berdiri didepan samping kiri dan kanan sambil mengangkat bendera tanda dimulainya arak-arakan Cap Go Meh.
Sebelumnya telah dibuka dengan doa oleh Ketua BKSAUA Bitung Pdt Vendra Pangerapan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, menyatakan bahwa Cap Go Meh merupakan kegiatan keagamaan yang telah menjadi bagian dari pariwisata dan hiburan untuk warga Bitung dan sekitarnya.

“Kegiatan Cap Go Meh ini adalah kegiatan keagamaan dan sudah menjadi bagian dari pariwisata, serta hiburan untuk warga Bitung dan sekitarnya,” katanya.

Megahmark

Cap Go Meh Bitung: Keberagaman dan Kerukunan Dirayakan di Klenteng Seng Bo Kiong

Ia berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan ini sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam memajukan pariwisata dan keberagaman budaya di daerah tersebut.

Maurits berterima kasih kepada pimpinan umat Tridharma Klenteng Seng Bo Kiong, Ko Denny Sondakh, pengurus klenteng, dan seluruh umat karena tetap menjaga eksistensi dalam menyelenggarakan ritual suci Goan Siau.

Maurits juga menekankan pentingnya kehadiran forkopimda dan tokoh agama dalam mempererat kerukunan antarwarga, mencerminkan semangat pluralisme, dan toleransi dalam membangun kota Bitung.

“Kehadiran mereka diharapkan dapat mempererat kerukunan antarwarga serta mencerminkan semangat pluralisme dan toleransi dalam membangun kota ini,” kata Maurits.

Acara Cap Go Meh berlangsung di area Klenteng Seng Bo Kiong dan panggung utama para tamu di halaman Sinar Bahari samping Klenteng.

Hadir pada kesemoatan tesebut Forkopimda Bitung dan tokoh agama yang tergabung dalam FKUB dan BKSAUA Bitung. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *