Bank SulutGo dan OJK Kembangkan Desa Wisata Ekowisata Darunu Minahasa Utara

Bank SulutGo dan OJK Kembangkan Desa Wisata Ekowisata Darunu Minahasa Utara (Foto : Dok BSG)

Bisnismanado.com, Minahasa Utara – Bank SulutGo (BSG) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turut serta mengembangkan potensi ekowisata Desa Wisata Darunu di Kecamatan Wori. Desa ini terkenal karena ekosistem mangrove yang masih alami.

Selasa, 14 November 2023, BSG memberikan bantuan berupa fasilitas dan penguatan literasi keuangan kepada Pemkab Minut dan Pemerintah Desa Darunu.

Bacaan Lainnya

Direktur Utama BSG, Revino Pepah, menyatakan bahwa Darunu dipilih karena memiliki potensi ekowisata yang besar, terutama hutan mangrove yang masih alami.

BSG telah membangun sejumlah fasilitas di area wisata mangrove, termasuk puluhan gazebo, perbaikan dermaga, spot-spot foto, dan sarana penunjang lainnya. Selain itu, mereka memberikan bantuan dalam bentuk penguatan literasi keuangan dan pendidikan, melalui pelatihan bagi UMKM, pelatihan Bahasa Inggris, dan pelatihan ekowisata.

Dalam upayanya menjaga kelestarian lingkungan, BSG bekerja sama dengan OJK dalam penanaman mangrove, penyediaan pondok literasi, peralatan snorkeling, dan implementasi keuangan digital, seperti pembayaran lewat QRIS BSG dan BSGtouch.

Megahmark

Bank SulutGo dan OJK Kembangkan Desa Wisata Ekowisata Darunu Minahasa Utara (Foto : Fernando Tribun Manado)

“Desa Binaan ini merupakan salah satu program Keuangan Berkelanjutan BSG, diharapkan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan akses terhadap layanan keuangan dan literasi keuangan.” Ujar Revino Pepah (14/11/2023).

Program Desa Binaan ini, sebagai pilot project BSG lewat program Keuangan Berkelanjutan, berbasis ekowisata dengan tujuan menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam. BSG berharap program ini menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, menyampaikan apresiasinya atas komitmen BSG terhadap program keuangan berkelanjutan berbasis lingkungan. Dia berharap program ini menjadi contoh bagi kabupaten lain di Sulawesi Utara dalam mensosialisasikan literasi keuangan dalam mendukung program Tim Percepatan Akses Daerah (TPKAD).

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif Bank SulutGo untuk meluncurkan Desa Binaan. Kami berharap, program ini dapat menjadi contoh bagi pemerintah kabupaten, kota lainnya dalam mendapatkan akses keuangan yang baik,” kata Mahendra Siregar.

Asisten II Bidang Ekonomi Pemkab Minut, Alan Mingkid mewakili Bupati Minahasa Utara  Joune Ganda, menekankan peran strategis BSG dan OJK dalam mengembangkan potensi ekowisata lokal.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Bank SulutGo terhadap pembangunan di Kabupaten Minahasa Utara” tegasnya   Dia berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat besar bagi warga Darunu dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi kabupaten-kota lain dalam mendapatkan akses keuangan yang baik. (bim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *