Eksplorasi Keindahan Alam di Tahura Gunung Tumpa Manado

Tahura Gunung Tumpa HV Worang Manado Sulawesi Utara (Foto Istimewa)

Bisnismanado.com, Manado – Panorama alam memukau menanti para pengunjung di Tahura Gunung Tumpa, sebuah lokasi wisata pegunungan yang terletak di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken Daratan, Kota Manado.

Destinasi wisata ini menjadi daya tarik bagi warga setempat dan wisatawan, menyuguhkan pemandangan luar biasa yang mencakup sejumlah elemen alam yang memukau.

Bacaan Lainnya

Tahura Gunung Tumpa oleh Pemerintah Kota Manado diberi nama Tahura Gunung Tumpa HV Worang. Nama ini diambil dari nama tokoh, pahlawan asal Sulut yakni Hein Victor Worang, pejuang dan mantan Gubernur Sulawesi Utara yang juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Manado.

Menempuh perjalanan kurang lebih 16 kilometer dari titik 0 (Zero Point) kota Manado, Anda akan tiba di puncak yang menjulang hingga 750 meter di atas permukaan laut.

Megahmark

Gunung Tumpa Manado Sulut (Foto : Dina T)

Tahura Gunung Tumpa HV Worang tidak hanya menawarkan udara sejuk berkat pepohonan yang melimpah, tetapi juga pemandangan spektakuler. Dari puncak, Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Manado Tua yang megah dan pulau-pulau seperti Bunaken, Siladen, Nain, dan Lihaga yang berdiri di atas hamparan laut biru. Di pesisir pantai, hutan mangrove membingkai pantai seperti permadani hijau di atas air biru yang memukau mata.

Bila bila matahari terbenam diufuk barat, sunset indah nampak memberi silut indah dan kokoh ditengah cakrawala. Degradasi warna memukau, Gunung Manado Tua dan pulau Bunaken berpadu memberi sentuhan eksotis yang mempesona yang sayang terlewatkan.

Dibagian selatan sebelum masuk gapura Tahura Gunung Tumpa, terlihat pemandangan Kota Manado dengan teluk Manado. Ketika malam menjelang, Kota Manado nampak bersinar dengan gemerlap lampu, menciptakan pemandangan yang menawan dari puncak Gunung Tumpa.

Megahmark

Kota Manado nampak dari Tahura Gunung Tumpa HV Worang Manado saat siang hari (Foto : istimewa)

Tahura Gunung Tumpa juga memiliki spot paragliding yang digunakan sering digunakan komunitas olahraga paragliding untuk persiapan lomba. Namun, sayangnya spot ini belum dapat dinikmati oleh semua kalangan, karena hanya komunitas tertentu yang memiliki peralatan khusus. Penyewaan peralatan olahraga ini masih kurang dikenal di kalangan masyarakat.

Destinasi wisata ini juga sering menjadi tempat untuk berbagai event paralayang, termasuk Internasional Paragliding Accuracy World Cup yang diselenggarakan beberapa waktu lalu.

Akses ke Tahura Gunung Tumpa Manado cukup mudah, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan online. Bila dari titik 0 kota Manado Perjalanan ke bagian utara melalui Jalan Boulevard II dan Raya Bunaken -Tongkaina memakan waktu sekitar 1 jam. Meski jalan sudah beraspal bagus, perlu hati-hati karena untuk ke puncah medannya menanjak.

Megahmark

Internasional Paragliding Accuracy World Cup yang digelar beberapa waktu lalu di Tahura Gunung Tumpa HV Worang Manado Sulut (Foto : istimewa)

Bagi yang ingin menjelajahi keindahan alam di Tahura Gunung Tumpa, tiket masuknya terjangkau, yaitu Rp 5 ribu per orang, Rp 5 ribu lagi bagi yang membawa kendaraan roda dua, dan Rp 10 ribu untuk kendaraan roda empat.

Sayangnya, dilokasi ini belum ada akomodasi penginapan bagi wisatawan untuk melewati hari dengan panorama alam yang luarbiasa. Oleh karena itu, pengunjung yang ingin menikmati pesona alam dari puncak harus merencanakan perjalanan dengan baik.

Selamat menikmati perjalanan dan keindahan alam yang luar biasa di Tahura Gunung Tumpa, Kota Manado! (bim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *