Ini Perbedaan Redmi 10 dan 10A

redmi

Bisnismanado.com, Persaingan sepertinya tak pernah berhenti di level ponsel. Bahkan di dalam brand yang sama masih hak itu terasa. Walaupun tujuannya berbeda. Yakni merengkuh pasar yang punya budget ‘lebih terbatas’.

Salah satu contoh produk ponsel yang bersaing dengan ‘saudaranya’ adalah Redmi 10A. Sesuai dengan namanya, ponsel yang satu ini merupakan keluarga dari Redmi 10. Ponsel ini hadir untuk menyasar kalangan entry level dengan budgetnya lebih rendah dari Redmi 10. Redmi 10A harganya memang di bawah Redmi 10. Namun tidaklah murahan. 

Bingung dengan perbedaan atara Redmi 10 dan Redmi 10A? Berikut ini 6 perbedaan nyata yang wajib Anda ketahui!

1. Perbedaan di Segi Layar

Kedua ponsel ini menggunakan jenis layar yang sama, yakni panel IPS LCD. Nah perbedaannya itu ada pada dimensinya. Redmi 10 itu mengusung layar yang berukuran 6,5 inci. Dia sudah beresolusi Full HD+ dengan ukuran 1080 x 2400 pixel. Ada pun pelindung layarnya itu berupa anti gores Corning Gorilla Glass 3. Refresh rate-nya juga sudah 90Hz. Jadinya, Anda bisa lebih mudah menikmati foto, video, atau game di ponsel ini.

Adapun Redmi 10A, ukuran layarnya itu 6,53 inci. Meski sudah mendukung resolusi HD+, tapi pikselnya masih 720 x 1600. Sedikit di bawah Redmi 10. Namun pun begitu, keadaan ini justru membuat ponsel ini tak boros dengan penggunaan baterai.

2. Fitur Charging Baterai

Kedua ponsel ini juga dibekali kapasitas baterai yang sama besar, yakni 5.000 mAh. Keduanya sudah menunjang bagi Anda untuk bisa menggunakan aneka fitur ponsel tersebut dalam waktu yang lama. Yang menjadi pembedanya, itu adalah teknologi fitur fast charging 18W yang diberikan. Xiaomi Redmi 10 sudah ada. Sedangkan Redmi 10A belum support fitur ini. Jadinya jelas, dalam hal pengisian daya baterai, Redmi 10 jauh lebih cepat dari Redmi 10A. Di samping, Redmi 10 juga punya fitur reverse charging 9W. Fitur ini membuat Redmi 10 bisa berubah fungsi menjadi power bank dan lalu mengisi daya perangkat lain.

3. Besar Resolusi Kamera

Yang satu ini juga menjadi pembeda nyata antara Redmi 10 dan Redmi 10A. Redmi 10 dibekali 4 kamera belakang yang cukup mumpuni. Kamera pertama sebesar 50 MP f/1.8 PDAF; kamera kedua berupa kamera ultra wide 8 MP f/2.2; kamera ketiga berupa kamera makro 2 MP f/2.4; dan kamera keempat berupa kamera depth 2 MP f/2.4.

Nah Redmi 10A, itu hanya mengusung teknologi 2 kamera belakang saja. Namun pun begitu, teknologi yang digunakannya merupakan teknologi terbaru. Keduanya ditanami sensor canggih, sehingga tetap bisa membuat foto dan video yang lumayan tajam walaupun diambil di kondisi yang kurang cahaya. Satu kamera utamanya 13 MP f/2.2 AF dan kamera keduanya berupa kamera depth 2 MP.

Kamera depannya bagaimana? Redmi 10 menggunakan kamera depan beresolusi 8MP. Sedangkan Redmi 10A menggunakan kamera depan beresolusi 5MP.

4. Jeroan yang Berbeda

Jeroan kedua saudara Redmi ini juga berbeda. Xiaomi Redmi 10 dipasang chipset yang lebih mutakhir, yakni Mediatek Helio G88. Di dalamnya ada prosesor yang punya 8 core. Dua core cortex A75 yang berkecepatan 2.0 Ghz serta 6 core cortex A55 yang berkecepatan 1.8 Ghz. Sedangkan bagian grafisnya itu mengandalkan GPU Mali G52.

Nah, Xiaomi Redmi 10A chipset nya adalah Mediatek Helio G25. Di dalamnya disematkan GPU PowerVR GE8320 serta prosesor octa core. Di dalam prosesor ini terdapat 4 buah Cortex A53 yang frekuensinya 2,0 Ghz dan juga 4 buah Cortex A53 yang frekuensinya 1,5 Ghz.

Jelas, dari sini terlihat, mesin Redmi 10 lebih mumpuni, terutama untuk gaming. Sedangkan mesin Redmi 10A hanya bisa untuk game ringan, surfing internet, serta bermedia sosial.

RAM dan ROM-nya bagaimana? Redmi 10 dibekali pilihan RAM dan ROM 4/64 GB dan 6 /128 GB. Ada pun Redmi 10A pilihannya hanya 3/32 GB dan 3/64 GB. Namun jangan khawatir jika tak cukup. Keduanya bisa ditambahkan slot microSD untuk memori eksternal yang besarnya bisa mencapai 512 GB. Untuk Redmi 10, ada juga fitur penambah RAM 2 GB. Fiturnya berupa virtual RAM.

5. Desain Luar

Yang ini juga kentara sekali. Redmi 10 mengusung desain layar yang tepiannya sudah tipis dengan kamera depan yang berupa lubang kecil. Nah Redmi 10A, desain layarnya berponi dengan kamera depan yang berupa water drop. Ada pun tampilan belakang, tidak terlalu berbeda. Keduanya sama-sama mengusung teknologi modul kamera yang bentuknya persegi dan tepian membulat.

Bagian sensor sidik jari, Redmi 10 letaknya di sisi samping, yang terintegrasi di bagian tombol power. Sedangkan Redmi 10A letaknya di belakang dekat dengan kamera.

6. Harganya

Redmi 10 jelas lebih unggul daripada Redmi 10A. Jadi jelas, harganya lebih tinggi daripada Redmi 10A. Saat launching, Redmi 10 dibanderol dengan harga 2 jutaan rupiah. Nah Redmi 10A harganya di bawah 2 jutaan rupiah, tepatnya sekitar 1,6 juta rupiah.

Perbedaan keduanya sangat jelas, sekarang silahkan tentukan pilihan Anda. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *