Bisnismanado.com, Bitung – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bitung menggelar Forum Konsultasi Publik pada Kamis, 8 Agustus 2024, di Aula Tarsius KPPN Bitung.

Acara ini dihadiri berbagai pemangku kepentingan, termasuk satuan kerja, pemerintah daerah, akademisi, tokoh masyarakat, UMKM, perbankan, dan media massa. Forum ini menjadi wadah penting bagi KPPN Bitung untuk menerima masukan, saran, dan kritik yang membangun dari para pemangku kepentingan demi penyempurnaan standar pelayanan publik.

Penyelenggaraan Forum ini dilatarbelakangi Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012 yang mewajibkan adanya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Langkah ini juga sejalan dengan Nota Dinas Setditjen Perbendaharaan No. ND-2390/PB.1/2024 yang mendorong seluruh unit kerja di lingkungan Ditjen Perbendaharaan untuk terus menyempurnakan standar pelayanan melalui forum-forum konsultasi publik.

Megahmark

FORUM, Forum Konsultasi Publik KPPN Bitung, Menjembatani Komunikasi Efektif dengan Pemangku Kepentingan. (ist)


Dalam penjelasannya, Kepala KPPN Bitung, Danny Junanto, memaparkan berbagai inovasi, profil APBN yang dikelola, serta prestasi yang telah dicapai oleh KPPN Bitung. Ia menegaskan komitmen KPPN Bitung untuk terus menjaga tata kelola layanan yang baik, transparan, dan berintegritas.

Diskusi yang diadakan dalam forum tersebut memberikan kesempatan kepada para pemangku kepentingan untuk mengemukakan kendala serta memberikan saran terkait layanan yang diberikan KPPN Bitung. Sebagai tanggapan, para Kepala Seksi KPPN Bitung memberikan solusi dan klarifikasi atas isu-isu yang dihadapi oleh para stakeholder.

Apresiasi terhadap kinerja KPPN Bitung juga disampaikan oleh beberapa peserta forum. Piter Mangnga, akademisi STIE Petra Bitung, mengungkapkan kekagumannya terhadap capaian KPPN Bitung yang menurutnya didukung oleh integritas dalam pelayanan. Sementara itu, perwakilan BPKAD Kabupaten Kepulauan Talaud menyatakan kepuasannya terhadap proses penyaluran dana transfer ke daerah (TKD) yang berjalan lancar berkat komunikasi efektif dengan KPPN Bitung.

Megahmark

ABADI, Diabadikan bersama usai pelaksaanaan Forum Konsultasi Publik di Aula Tarsius KPPN Bitung, 8 Agustus 2024. (ist)

Masukan yang diterima dalam forum ini akan menjadi dasar bagi KPPN Bitung dalam meningkatkan kualitas layanan dan melakukan perbaikan berkelanjutan. Sebagai penutup acara, dilakukan penandatanganan Berita Acara oleh Kepala KPPN Bitung dan perwakilan peserta forum, menandai komitmen bersama dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima. (rls)