Penuhi Kebutuhan Ramadan Hingga Idul Fitri 1445 H, BI Sulut Siapkan Uang Tunai Rp 1,5 T

BisnisManado.com, Manado – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara menyiapkan tunai sebesar Rp 1.5 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini.
Kepala BI Sulawesi Utara, Andry Prasmuko menjelaskan, uang kartal yang disiapkan naik 41,4 persen dibanding tahun lalu.

“Pada tahun lalu, kebutuhan uang kartal sebesar Rp 1.1 triliun,” ujar Andry dalam Kick Off Serambi 2024 di Banking Hall Kantor Perwakilan BI Sulut, Senin (18/3).

Bacaan Lainnya

Serambi adalah Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 1445 Hijriah
Menurutnya, kesiapan dana naik mengacu pertumbuhan ekonomi nasional, regional dan daerah.

Megahmark

“Memasuki tahun 2024, mobilitas masyarakat di Sulawesi Utara semakin meningkat,” ujarnya.
Selain itu, BI berusaha melakukan perluasan akseptasi digital di masyarakat.
Dalam melayani kebutuhan uang kartal di masa Ramadan dan Idul Fitri, BI bekerja sama dengan perbankan.

BI sendiri turut melayani pemenuhan uang
kartal lewat penukaran di mobil Kas Keliling yang dijadwalkan di kabupaten
kota.
Secara nasional kebutuhan uang kartal di Indonesia di Ramadan Idul Fitri kali ini Rp 197,6 triliun.Angka ini meningkat4,65 persen dibanding tahun lalu, sebesar Rp 188,8 triliun.

Layanan Penukaran di 80 Titik menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, Bank Indonesia (BI) bersama perbankan menggelar layanan penukaran uang kepada masyarakat.
Program ini berlangsung 15 Ma￾ret hingga 5 April 2024. Layanan penukaran ini ditempatkan di titik keramaian serta jalur mudik.

Layanan penukaran uang ini bagian dari rangkaian Semarak Rupiah dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 1445 Hijriah.
Serambi merupakan respon BI terhadap pemenuhan kebutuhan uang rupiah sebagaimana siklus peningkatan kebutuhan terhadap Rupiah dengan pecahan yang beragam.

Kepala Perwakilan BI Sulawesi Utara, Andry Prasmuko menjelaskan, tradisi tahunan ini juga merupakan upaya meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Rupiah dan mendorong konsumsi bijak masyarakat.
“Tujuannya memastikan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah layak edar dalam jumlah yang cukup dan dengan pecahan yang sesuai melalui kegiatan layanan kas kepada masyarakat selama Ramadan Idul Fitri,” kata Andry di kantornya, Senin (18/3/2024).

Layanan penukaran uang di perbankan terdapat 80 titik yang tersebar di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, hingga wilayah kepulauan di Kepulauan Sitaro (Siau); Kep.Sangihe (Tahuna) dan Kep.Talaud (Lirung dan Melonguane).

Selain itu, selang 18 Maret hingga 5 April 2024 BI dengan perbankan di Manado juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui Mobil Kas Keliling.
Khusus layanan penukaran di kas keliling, masyarakat diharapkan melakukan pemesan penukaran terlebih dahulu melalui Aplikasi Pintar.
“Lewat Aplikasi Pintar, masyarakat bisa mendapatkan informasi lokasi dan kapan harus datang menukar,” jelas Andry.

Selama periode itu, BI akan melayani penukaran uang melalui mobil Kas Keliling Serambi sesuai jadwalnya di pasar-pasar di Manado hingga Bolaang Mongondow.
Andry mengatakan, setiap orang dapat menukar uang kartal dengan jumlah maksimal Rp4 juta per orang per hari. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *